Aír dí rumahmu Berwarna Kuníng dan Keruh, Coba deh 5 Típs íní, Kamu bísa Bíkín Aír Sumur jadí Jerníh hanya dengan Menggunakan íní!

 Íní día Típs jerníhkan aír sumur, mudah dan tak perlu bíaya mahal

Seríng kedapatan aír tíba-tíba keruh dan berwarna kuníng, sudah susah mencarí aír bersíh, aír sumur pun tak bersíh, tak usah bíngung, níh saya kasíh cara bíar aír sumur dírumah kembalí jerníh lagí, dengan cara yang mudah dan terjangkau, pastí aír sumur dírumah jerníh dan bersíh.

Aír merupakan salah satu kebutuhan pentíng bagí manusía, mulaí darí kebutuhan untuk mínum híngga mencucí. Tak ada aír sama dengan tak ada kehídupan. Oleh karena ítu, aír yang bersíh sangat díbutuhkan untuk kelangsungan hídup manusía.

Bagí beberapa wílayah yang sudah terjamah oleh perusahaan aír mínum, aír yang bersíh dan jerníh tentu akan sangat mudah díperoleh. Lantas, bagaímana dengan wílayah yang belum díjangkau oleh perusahaan aír mínum dan masíh mengandalkan sumber aír darí sumur?


Aír yang dídapat darí sumur cenderung bermasalah. Pada umumnya, aír darí sumur tídak terlalu bersíh, keruh, dan kekuníngan. Nah, aír dengan krítería tersebut tentu tídak aman untuk díkonsumsí. Untuk ítu, Bacaterus hendak memberíkan solusí cara menjerníhkan aír sumur secara alamí dan ekonomís.

Saat íní banyak sumur memílíkí kualítas aír yang buruk karena díbuat dí tempat atau língkungan yang kurang sesuaí. Oleh karena ítu sebelum menjerníhkan aír sumur, perhatíkan terlebíh dahulu beberapa krítería sumur yang baík beríkut íní:

Sumur memílíkí kedalaman lebíh darí 10 meter

Jarak antara sumur dengan MCK atau toílet mínímal 10 meter, jíka melebíhí 10 meter akan lebíh baík. Íní untuk memastíkan aír sumur tídak tercemar oleh límbah kamar mandí yang merembes ke dalam sumur, Jíka íngín menggalí sumur, híndarí lahan atau tanah yang dulunya pernah dígunakan sebagaí tempat pembuangan sampah. Meskípun sudah tídak ada sampahnya, tetapí kuman dan bakterínya tetap tertínggal dí lahan tersebut
Tekstur tanah bercampur pasír merupakan tempat penggalían sumur yang ídeal. Pasalnya, pasír bísa menjaga kejerníhan aír sumur secara alamí, Híndarí membuat sumur dí area bekas rawa, sebaíknya buat sumur dí dekat tanah yang dítumbuhí tanaman berakar karena jenís tanaman ítu banyak mengandung aír, Setelah Anda menemukan area yang pas untuk membuat sumur, maka mulaílah menggalí sumur baru. Akan tetapí, jíka sumur sudah tersedía, maka Anda hanya perlu mencarí cara untuk menjerníhkan aír dalam sumur tersebut. Beríkut adalah beberapa bahan alamí yang bermanfaat untuk menjerníhkan aír sumur:

BERÍKUT TÍPS MENJERNÍHKAN AÍR SUMUR

Tawas

Batuan kecíl berwarna putíh íní sepíntas terlíhat míríp dengan gula batu. Akan tetapí, gula batu memílíkí warna beníng, sedangkan tawas berwarna sedíkít lebíh putíh. Untuk memperoleh tawas, Anda bísa membelínya dí toko bangunan. Cara menjerníhkan aír sumur dengan tawas adalah:

    Hancurkan tawas híngga menjadí halus
    Masukkan tawas ke dalam wadah berísí aír dan aduk híngga larut
    Tuang larutan aír dan tawas ke dalam sumur


Pastíkan Anda melarutkan tawas dengan aír terlebíh dahulu sebelum dígunakan untuk menjerníhkan aír sumur. Selaín ítu, sesuaíkan jumlah tawas yang dígunakan dengan ke dalam sumur. Sebagaí permulaan, cobalah menggunakan 1 kg tawas terlebíh dahulu. Jíka aír tak kunjung jerníh, tambahkan tawas ½ – 1 kg lagí.

Íjuk

Íjuk merupakan serat pepohonan yang díkenal sebagaí bahan baku untuk membuat sapu. Faktanya, íjuk juga dapat dígunakan untuk menjerníhkan aír sumur, lho! Beríkut adalah cara menjerníhkan aír dengan íjuk:

Gunakan íjuk berbentuk língkaran yang memílíkí díameter kurang lebíh 1 meter
Ambíl 5 rangkaían íjuk, lalu tumpuk dan jalín kelíma rangkaían íjuk dengan talí yang dílengkapí dengan pemberat
Masukkan rangkaían íjuk ke dalam sumur. Untuk mendorong íjuk sampaí ke dasar sumur, dorong dengan sebílah bambu
Agar íjuk tídak mengapung ke atas, tíndíh dengan beberapa batu bata
Sebagaí catatan, proses menjerníhkan aír sumur dengan menggunakan íjuk íní tídak memberíkan hasíl secara ínstan. Anda harus menunggu beberapa harí kemudían untuk melíhat kejerníhan aír dí dalam sumur tersebut.

Arang Tempurung Kelapa

Tahukah Anda bahwa arang tempurung kelapa mengandung karbon aktíf yang mampu mengíkat kotoran? Kandungan ínílah yang membuat arang kelapa bísa menjerníhkan aír, khususnya aír sumur. Cara mengaplíkasíkan arang kelapa sebagaí penjerníh aír sumur cukup, yaítu:

1. Bungkus arang kepala menggunakan kaín
2. Masukkan ke dalam sumur

Sesuaíkan jumlah arang kelapa dengan kedalaman sumur Anda, jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedíkít. Arang kelapa íní bísa Anda dapatkan dengan mudah dí warung atau toserba jíka Anda tídak íngín repot membuatnya sendírí.

Menguras Sumur

Apabíla ketíga cara dí atas tídak bísa menjerníhkan aír dalam sumur, maka Anda harus mencoba untuk menguras sumur ítu. Pasalnya, aír yang keruh dan kotor juga bísa dísebabkan oleh lumut yang tumbuh dí díndíng sumur. Dí sampíng ítu, mungkín dasar sumur juga sudah dípenuhí dengan lumut sehíngga aír menjadí kekuníngan dan kotor.

Membuat Fílter Aír Sederhana


Selaín semua cara-cara dí atas, menggunakan fílter aír juga merupakan cara yang efektíf untuk mengubah aír sumur yang keruh menjadí lebíh bersíh dan jerníh. Anda tak perlu membelí fílter aír dengan harga yang mahal, cukup buat sendírí fílter aír sederhana. Pertama-tama, síapkan bahan-bahan yang díbutuhkan sepertí:

• Botol aír míneral
• Guntíng atau písau
• Kapas
• Arang kelapa atau pasír
• Keríkíl kecíl
• Keríkíl besar

Apabíla semua bahan tersebut sudah terkumpul, sekarang kíta bísa langsung membuatnya dengan mengíkutí langkah-langkah beríkut íní:


Guntíng bagían bawah botol aír míneral bekas berukuran 600ml atau 1,5 líterkemudían, Buat lubang kecíl pada tutup botol dengan písau atau obeng, lalu Masukkan kaín atau kapas ke dalam botol híngga menyentuh tutup botolnya, Lanjutkan dengan mengísí dengan pasír atau arang kelapa yang díhancurkan sekítar 2 íncí, Tambahkan 2 íncí keríkíl kecíl ke dalam botol, Selanjutnya, tambahkan lagí 1-2 íncí keríkíl dengan ukuran yang lebíh besar, Coba tuangkan aír yang keruh dan kotor ke dalam botol, Letakkan gelas kosong dí bawah tutup botol dan líhatlah aír yang keruh tersebut akan dísaríng híngga jerníh

Jíka Anda berhasíl menjerníhkan aír dengan fílter sederhana íní, maka Anda bísa membuatnya dengan ukuran yang lebíh besar lagí. Anda bísa membuatnya dengan menggunakan tabung galon aír, ember, dan peralatan rumah tangga laínnya.

Dengan berbagaí cara menjerníhkan aír sumur dí atas, Anda tídak perlu bíngung mengatasí masalah aír sumur yang kotor, keruh dan kekuníngan. Pastíkan Anda selalu membersíhkan sumur dengan mengurasnya secara teratur agar aír dídalamnya tetap jerníh dan bersíh.

0 Response to "Aír dí rumahmu Berwarna Kuníng dan Keruh, Coba deh 5 Típs íní, Kamu bísa Bíkín Aír Sumur jadí Jerníh hanya dengan Menggunakan íní! "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel